Jelajahi Taman Laut Bunaken Indonesia

Pulau Seribu Jakarta
6 Pulau Seribu Jakarta yang Masih Sepi Tetapi Terjaga Kelestariannya
November 13, 2021
4 Hal Unik Yang Dapat Anda Lakukan Di Pulau Seribu
November 22, 2021
Show all

Jelajahi Taman Laut Bunaken Indonesia

Pulau Bunaken, siapa yang tidak mengenal pulau yang terletak di Teluk Manado ini? Bunaken telah dikenal oleh masyarakat, baik lokal ataupun mancanegara karena keindahan alam bawah lautnya. Ada sebuah kawasan penyelaman di Bunaken, yaitu Taman Laut Bunaken Indonesia yang jadi bagian dari Taman Nasional Bunaken. Aktivitas biota laut di sini masuk jadi bagian tertinggi di dunia.

Bahkan UNESCO di tahun 2005 telah menjadikan Taman Laut Bunaken sebagai salah satu situs warisan dunia. Kalau secara geografis sendiri, Pulau Bunaken masuk dalam wilayah perairan Segi Tiga Emas dengan ada kurang lebih 3000 an spesies ikan hidup di perairan ini. Wilayah Segi Tiga Emas merupakan jalur perairan laut yang menghubungkan antara laut Indonesia dengan laut Papua dan laut Filiphina.

Harus diakui bahwa memang Bunaken punya kekayaan alam bawah laut yang luar biasa. Tidak heran kalau pemerintah dan beberapa pihak terkait pun saling bersinergi untuk melakoni konservasi terumbu karang dan mangrove. Agar terumbu karang di Taman Laut Bunaken Indonesia dapat terus terjaga dengan baik. Keindahan bawah laut di sini menjadikan siapa saja tentu ingin menikmatinya dengan menyelam.

Hal Menarik di Taman Laut Bunaken

Sebagai salah satu destinasi wisata populer di Indonesia banyak hal menarik yang bisa ditemukan di Taman Laut Bunaken. Kehidupan bawah laut yang indah, aneka ragam spesies binatang laut dan biota laut tertinggi ada di sini. Belum lagi terumbu karang yang bermacam-macam dengan kontur beragam dan dinding karang yang cukup curam.

Menariknya lagi adalah, Taman Laut Bunaken Indonesia tidak memiliki off season yang berarti siapa saja bisa berwisata dan menjelajah taman laut yang satu ini kapan saja. Namun ada waktu paling pas untuk melakukan penyelaman di Bunaken, yaitu pada bulan Mei hingga Agustus. Pasalnya, di waktu itu air laut lebih jernih dengan suhu udara berkisar 26 hingga 31 derajat celcius. Cukup normal.

Keindahan bawah laut Bunaken juga bisa dinikmati dengan naik Kataraman, sebuah kapal berdinding kaca. Selain itu juga, bisa naik kapal selam Blue Banter yang hanya berjalan ketika air laut sedang pasang saja.

Banyak Titik Menyelam

Karena memang daya tarik paling besar dari Bunaken adalah kegiatan menyelam, tidak heran kalau di sini ada begitu banyak titik menyelam terbaik. Setidaknya ada 20 dive spot terbaik di Taman Laut Bunaken dengan kedalaman laut yang berbeda-beda. Dari sebanyak 20 titik tersebut, 12 diantaranya ada di sekitaran perairan Pulau Bunaken yang merupakan titik penyelaman paling populer bagi para penyelam dari mulai lokal sampai dengan penyelam profesional mancanegara.

Beberapa spot terbaik untuk menyelam di Taman Laut Bunaken Indonesia dinamai sebagai Mandolin, Tanjung Parigi, Sachiko Point, Fukui, Lekukan 1, 2 dan 3, kemudian Won’s Point, Muka Kampung, Pangalisang hingga Bunaken Timur. Untuk menyelam di sini, penyelam dapat menyesuaikan kemampuannya dengan kedalaman air laut pada titik selam tersebut. Sehingga, untuk pemula bisa memilih titik penyelaman yang tidak terlalu dalam.

Lokasi

Lokasi Taman Laut Bunaken Idonesia berada di Provinsi Manado Sulawesi Utara dan lebih tepatnya ada di kelurahan dan kecamatan Bunaken. Dari pelabuhan Manado, jarak menuju Bunaken kurang lebih 7 mil yang bisa dilalui dengan perahu motor dalam waktu 50 menit ataupun lebih cepat yaitu 35 menit jika menggunakan motor mesin ganda.

Tiket

Masuk ke Taman Laut Bunaken Indonesia terdapat tiket masuk yang dibanderol dengan Rp.50.000 saja per orang untuk sekali masuk. Menariknya lagi, untuk tiket yang berlaku 1 tahun, harganya hanya Rp150.000 per orang. lihat juga harga paket pulau seribu

Itulah ulasan tentang indahnya Taman Laut Bunaken Indonesia. Tentunya sangat pas untuk masuk dalam daftar lokasi yang akan Anda kunjungi dalam perjalanan wisata. Selamat berwisata.

Comments are closed.