Wisata ke Pulau Sebuku yang Tak Berpenghuni

Pulau Wakatobi, Surga Pecinta Diving
November 23, 2021
kali Biru
Wisata Alam Kalibiru dan Keindahan Alam yang Mirip Kayangan
November 23, 2021
Show all

Wisata ke Pulau Sebuku yang Tak Berpenghuni

Indonesia memiliki puluhan ribu pulau yang berpenghuni dan tak berpenghuni. Ada kalanya tempat wisata di sebuah pulau yang berpenghuni. Namun, banyak pula yang menjadikan pulau tak berpenghuni sebagai destinasi wisata. Salah satunya adalah pulau Sebuku. Banyak orang yang memilih wisata ke pulau Sebuku karena pulau ini tak  berpenghuni.

Pulau Sebuku terletak di perairan Selat Sunda, yang ada di antara pulau Jawa dan pulau Sumatera. Dibanding pulau lainnya di selat ini, Pulau Sebuku adalah yang paling besar. Bangkai kapal penjajah Jepang pernah ditemukan di pulau tersebut. sekarang, Pulau Sebuku cukup terkenal sebagai destinasi wisata.

Keindahan dan Aktifitas di Pulau Sebuku

Banyak yang ditawarkan oleh wisata Pulau Sebuku. Antara lain panorama laut, aktivitas berenang, diving atau snorkeling juga bisa dilakukan di sana. Pantainya cukup landai dan pasir pantai berwarna putih. Ditambah pula eksotisme air laut yang biru jernih, menjadikan pantai ini memanjakan mata setiap pengunjung yang singgah. Ada pula wisatawan di pulau Sebuku yang berniat untuk menjelajah pulau-pulau terpencil yang indah baca diving di pulau wakatobi

lokasi Pulau Sebuku

Luas pulau sebuku hanya kira-kira 17,71 km persegi saja dan merupakan pulau tak berpenghuni. Di pulau ini juga ada perkebunan kopra dan rempah. Di mana zaman dahulu cukup maju dan banyak hasilnya. Namun, karena sekarang kurang pengelolaan, hasil perkebunannya pun tak sebanyak dulu.

Dari pulau Sebuku, pengunjung bisa mengamati dan memantau Anak Gunung Krakatau dari kejauhan. Kegiatan tersebut juga bisa menambah kesan dan pengalaman pengunjung pulau Sebuku. Biasanya, untuk wisata ke pulau Sebuku sudah dijadikan satu paket dengan destinasi wisata Gunung Krakatau dan Anak Gunung Krakatau.

Pengunjung yang akan bermain air di pantai Pulau Sebuku, sebaiknya berhati-hati dan waspada terhadap ubur-ubur yang ada. Karena ubur-ubur dapat membuat pengunjung mengalami sensasi rasa gatal saat melakukan snorkeling atau diving. Hati-hati pula terhadap bulu babi yang ada di sekitar pantai. Karena itu, perlu bertanya kepada agen pemandu atau orang yang lebih tahu di mana titik yang pas untuk snorkeling maupun diving. baca juga wisata pulau pelangi

Lokasi Pulau Sebuku Lampung

Pulau Sebuku berada di lokasi yang letaknya sekitar 2.5 kilometer dari wilayah teluk Lampung sebelah utara Pulau Sebesi. Secara administratif, pulau ini masuk di kawasan Kalianda, Lampung Selatan. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia, membuat pulau Sebuku memiliki gelombang yang cukup besar pada saat-saat tertentu.

Di dekat Pulau Sebuku, ada Pulau Sebesi yang juga menjadi salah satu destinasi wisata paket Anak Gunung Krakatau. Sehingga biasanya para wisatawan juga sekalian mengunjungi pulau Sebesi. Wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau Sebuku, ada baiknya menyebrang dengan mengendarai kapal motor yang ada di dergama Canti, Lampung Selatan.

Perjalanan mengendarai kapal motor untuk menyeberang ke pulau Sebuku bisa memakan waktu selama kurang lebih 1.5-2 jam. Jadwal keberangkatannya ada setiap hari dan biasanya hanya mulai pada saat siang hari jam 13.00 WIB. Biayanya cukup murah. Setiap penumpang hanya akan dikenai biaya sebesar Rp25.000-Rp50.000 saja. Biaya tersebut murah dan mahalnya tergantung jenis kapal motor yang dikendara dan banyaknya penumpang.

Sepanjang perjalanan, wisatawan bisa melihat gugusan-gugusan banyak pulau kecil dan indahnya panorama laut lepas serta Gunung Krakatau yang indah. Apalagi jika cuaca cukup cerah, tidak mendung dan berawan. Pemandangan Gunung Krakatau akan tampak lebih jelas dan menjulang tinggi ke atas awan. baca paket pulau pramuka

Demikianlah serunya wisata ke pulau Sebuku yang tak berpenghuni. Jangan lupa untuk berkunjung ke sana, ya!

Comments are closed.