4 Pulau di Kepulauan Seribu Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Kepulauan Seribu
Alasan Wisata Kepulauan Seribu Jakarta Wajib Dikunjungi
July 13, 2021
Pulau Seribu Jakarta
6 Pulau Seribu Jakarta yang Masih Sepi Tetapi Terjaga Kelestariannya
November 13, 2021
Show all

4 Pulau di Kepulauan Seribu Tidak Pernah Sepi Pengunjung

kepulauan seribu

Banyaknya pulau-pulau di Kepulauan Seribu terkadang membuat Anda bingung harus mengunjungi yang mana dulu. Jika waktu liburan yang dimiliki cukup panjang tentu tidak menjadi masalah karena tersedia waktunya.

Namun jika Anda memiliki waktu yang terbatas tentu harus bisa membagi waktu dengan bijak agar tidak menyesal. Caranya dengan mencari pulau-pulau yang ramai dikunjungi agar lebih yakin untuk datang kesana.

Tentu ada banyak alasan kenapa sebuah pulau ramai pengunjung jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya. Hal inilah yang harus Anda ketahui dan dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk memilih tempat wisata.

Dari banyaknya pilihan berikut ada rekomendasi 4 pulau di Kepulauan ini yang sampai saat ini ramai dikunjungi. Tidak ada salahnya Anda membaca sekilas informasi pulau-pulau apa sajakah itu untuk dipertimbangkan.

Pulau Tidung, Pilihan Wisata dengan Fasilitas Lengkap di Kepulauan Seribu

wisata pulau tidung jakartaPulau Tidung merupakan salah satu bagian dari Kepulauan ini yang tidak pernah sepi pengunjung. Ada berbagai alasan kenapa banyak wisatawan memilih Tidung sebagai tujuan wisata mereka diantaranya berikut ini.

  1. Keindahan bawah lautnya

Sudah menjadi rahasia umum jika keindahan bawah laut Pulau Tidung tidak perlu diragukan lagi. Anda bisa melakukan aktivitas snorkeling untuk bermain bersama ikan-ikan kecil dan meligat keindahan terumbu karang.

Banyak tersedia layanan snorkeling dengan berbagai peralatan lengkap sehingga tinggal sewa saja. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan mandi serta baju ganti agar bisa puas bermain air selama liburan disana.

  1. Wahana air banana boat

Tersedia wahana air banana boat yang bisa dinaiki 3-6 orang kemudian ditarik oleh perahu keliling pantai. Anda bisa mengajak teman-teman atau keluarga mencoba wahana satu ini dan nikmati sensasi serunya.

  1. Jembatan cinta

Buat Anda suka selfi tersedia spot foto instagramble yaitu jembatan cinta dengan latar belakang laut. Jembatan ini menghubungkan antara dua pulau Tidung dan digunakan sebagai spot menikmati sunset maupun sunrise.

  1. Pasir pantai

Menikmati pemandangan dengan bersantai sejenak di atas pasir pantai menjadi alasan wisatawan memilih Pulau Tidung. Bahkan pasir pantai disana juga aman untuk anak-anak karena sangat lembut serta bersih.

  1. Fasilitas lengkap

Sebagai objek wisata ramai dikunjungi tidak heran jika fasilitas di salah satu pulau Seribu ini cukup lengkap. Dari penginapan, rumah makan, berbagai objek wisata dan fasilitas lainnya mendukung pariwisata.

Kunjungi Pulau Bidadari, Belajar Sejarah Sekaligus Menikmati Keindahan Alam

Mengunjungi sebuah pulau di Kepulauan Seribu pasti akan menemukan keindahan pantai dan bawah lautnya. Namun Anda akan menemukan lebih dari itu jika mengunjungi pulau Bidadari.

Seperti belajar tentang sejarah yang sangat melekat pada pulau ini dari masa penjajahan Belanda di Indonesia. Banyak peninggalan sejarah disana seperti Benteng Martello dibangun sekitar abad XIX.

Ada juga peninggalan dari Portugis juga sebuah benteng dibuat abad ke 17 sebagai pulau karantina. Pada jaman Belanda juga dibangun sebuah rumah sakit namun saat ini sudah tidak ada.

Pada tahun 1970-an hanya keluarga kerajaan Jayakarta yang boleh mengunjungi Pulau Bidadari. Kemudian seiring berjalannya waktu sudah dibuka lagi untuk umum dan banyak diminati karena lokasinya dekat dengan Jakarta.

Menurut cerita para nelayan dan masyarakat disana sering melihat gadis Belanda berada di pulau tersebut. Sebenarnya hal ini wajar saja karena pada jaman penjajahan Belanda Jakarta termasuk didalamnya.

Daya tarik Pulau Bidadari adalah pepohonan masih terjaga keasriannya dan pantai berpasir putih bersih. Anda juga bisa menemukan hutan magrove, kebun buah dan Bidadari Island Resort sebagai fasilitas pulaunya.

Pulau di Kepulauan Seribu ini menawarkan keindahan bawah laut bisa dinikmati dengan snorkeling maupun diving. Belum lagi banyak bangunan peninggalan sejarah sangat unik untuk dijadikan spot foto selfie maupun pre wedding.

Kalau Anda berada disana pada malam hari maka bisa menemukan keindahan kerlap kerlip lampu di Jakarta. Apalagi bangunan tinggi di Jakarta terlihat jelas darisana karena memang jaraknya paling dekat.

baca : Alasan Wisata Kepulauan Seribu Jakarta Wajib Dikunjungi

Pulau Panggang Ramai Dikunjungi Memiliki Mitos yang Melekat di Kepulauan Seribu

Pulau Panggang salah satu bagian Kepulauan ini yang juga tidak kalau ramai dikunjungi wisatawan. Tidak hanya dari dalam negeri namun juga wisatawan dari luar negeri sangat menyukai pulau ini.

Selain keindahan yang ditawarkan ternyata ada berbagai mitos terus melekat dan dipercaya sampai sekarang. Mitos-mitos inilah turut menarik wisatawan karena semakin penasaran kemudian ingin membuktikan benar tidaknya.

Salah satu mitos menarik di Kepulauan Seribu yaitu masyarakat asli ketika marah nantinya menjadi bingung dan berputar-putar saja. Padahal bibir pantainya sangat mudah ditemukan karena ada tanda Balek Layar seperti pemancar cahaya.

Sedangkan nama dari pulaunya sendiri juga berasal dari mitos tentang bajak laut yaitu nama pemanggang. Ratusan tahun lalu dijadikan tempat persinggahan bajak laut kemudian digunakan memanggang para manusia tawanan.

Manusia-manusia yang dipanggang itulah menjadi cikal bakal nama pulaunya menjadi Pulau Panggang. Tidak heran jika keindahan bercampur mitos mengerikan terpadu menjadi satu memberikan daya tarik tersendiri.

Di Kepulauan Seribu ini Anda akan menemukan lokasi wisata Karang Gosong tidak lepas juga dari mitos mengerikan. Pada jaman dulu ada pembunuhan warga dengan ilmu hitam sangat kuat di tempat tersebut.

Meskipun begitu banyak turis datang untuk bisa menikmati keindahan bawah laut yang sangat memukau. Wisatawan bisa melakukan diving atau snorkeling dan sudah disediakan peralatannya tinggal sewa saja.

Sayangnya banyak wisatawan namun di salah satu Pulau Seribu ini tidak ada wisma untuk penginapan. Jadi Anda bisa atur jadwal untuk datang pagi hari kemudian kembali pada sore hari.

Pulau Harapan Hamparan Keindahan yang Tidak Terlupakan

Tempat terakhir yang patut dikunjungi ketika Anda liburan ke Kepulauan Seribu yaitu Pulau Harapan. Lokasinya bisa dicapai dengan menempuh perjalanan laut kurang lebih 1,5 jam dari Marina Ancol.

Meskipun lokasinya dapat dikatakan paling jauh atau terluar namun jumlah pengunjung terus meningkat. Banyak wisatawan datang ingin menikmati keindahannya karena masih sangat terjaga sampai sekarang dan tempatnya sangat bersih.

Pada awalnya Pulau Harapan bernama Pulau Palemparan namun tidak cukup terkenal seperti sekarang. Diberi nama tersebut karena pada jaman dulu digunakan sebagai tempat untuk transmigrasi dan relokasi.

Sampai saat ini warga yang tinggal di pulau tersebut sebagian besar pendatang dari suku Bugis, Jawa dan Mandar. Pekerjaan utama warga disana yaitu sebagai nelayan dan budidaya.

Karena sudah ramai dikunjungi wisatawan membuat fasilitas di Pulau Harapan cukup lengkap. Anda tidak perlu khawatir kalau datang untuk berwisata karena sudah tersedia listrik, air bersih dan kebutuhan makanan.

Bahkan wisatawan juga bisa berwisata kuliner dan berbelanja oleh-oleh disana sebagai buah tangan untuk keluarga. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau sehingga tidak perlu menghabiskan banyak uang.

Banyak kegiatan yang bisa dilakukan wisatawan seperti berjalan-jalan keliling pantai, menikmati keindahan bawah laut. Melihat pengembangbiakan penyu secara langsung sebagai wisata edukasi dan wisata magrove dengan banyak spot foto menarik.

Kalau Anda berencana liburan bisa gunakan jasa tour Pulau Seribu Traveling dengan menghubungi nomor (021) 294-61-292. Kami menyediakan berbagai paket liburan di Kepulauan Seribu silahkan hubungi untuk informasi lebih lanjut.

Comments are closed.